Jenis-Jenis Radang Sendi

Jenis-Jenis Radang Sendi – Radang sendi rematik merupakan kondisi menyakitkan yang berhubungan dengan masalah kekebalan tubuh. Radang sendi ini semakin lama bertambah parah dan dapat meningkatkan resiko terserang osteoporosis dan kelainan lainnya. Bentuk radang sendi lain yang lebih jarang terjadi adalah encok (gout) dan arthritis septik.

Jenis-Jenis Radang Sendi

Jenis-Jenis Radang Sendi

Jenis-Jenis Radang Sendi

1. Radang Sendi Rematik

Radang sendi rematik merupakan keadaan progresif yang dimulai dengan rasa sakit dan kaku pada persendian. Lama-kelamaan, rasa sakit meningkat dan sendi menjadi bengkak, sementara benjolan-benjolan kecil muncul di bawah kulit. Radang sendi atau nyeri sendi rematik dapat merusak tulang. Oleh karena itu, penanganan dini sangat penting.

Penyebab dari penyakit ini tidak diketahui secara pasti, tapi diperkirakan sistem kekebalan tubuh mulai menyerang jaringan dan tulang dalam sendi. Penyakit ini lebih sering terjadi pada wanita dan biasanya menyerang orang yang berusia lebih dari 40 tahun. Jari-jari tangan, pergelangan tangan, lutut dan bahu adalah bagian tubuh yang paling sering terserang penyakit ini.

Penyakit ini tidak dapat disembuhkan, tapi bisa diperlambat dengan obat antirematik. Obat-obatan tersebut bisa memiliki efek samping yang serius. Oleh karena itu, penderita harus dimonitor melalui tes darah secara teratur. Olahraga ringan disarankan di sela-sela serangan untuk membantu menjaga mobilitas sendi. Sedangkan dalam osteoarthritis, sendi dapat disuntik dengan kortikosteroid untuk meredakan sakit.

2. Arthritis Septik

Arthritis septik merupakan infeksi bakteri pada sendi. Bakteri dapat masuk ke dalam sendi melalui luka terbuka di sekitar sendi, atau bisa berasal dari area lain dalam tubuh. Gejalanya meliputi demam, bengkak, dan kemerahan di sekitar sendi, rasa nyeri dan penurunan mobilitas. Penanganan dini sangat penting.

Tanda-tanda infeksi dapat diperiksa dari cairan yang dikeluarkan dari sendi. Arthritis septik diobati dengan antibiotik yang diberikan terus-menerus selama beberapa minggu. Obat-obatan antiradang yang tidak mengandung steroid mungkin juga akan diberikan

3. Encok

Encok muncul jika terjadi penumpukan produk buangan asam urat pada jari-jari kaki atau sendi lain. Gejala-gejalanya, yang meliputi rasa sakit dan radang, cenderung meningkat hebat dan kemudian mereda. Keadaan ini sering diwariskan dalam keluarga, tapi kelebihan berat badan, konsumsi minuman beralkohol lebih, ataupun memakan daging merah atau makanan olahan dalam jumlah berlebih dapat meningkatkan resiko. Kadar asam urat tinggi dapat diperiksa dalam tes darah dan dengan menganalisis cairan yang dikeluarkan dari sendi yang sakit. Gejala dapat diredakan dengan obat-obatan antiradang yang tidak mengandung steroid, kortikosteroid, atau obat antiencok. Obat-obatan lain dapat diberikan untuk mencegah kadar asam urat menumpuk.

4. Radang Sendi Reaktif

Jenis-Jenis Radang Sendi reaktif muncul setelah infeksi saluran kelamin. Respons tidak normal dari sistem kekebalan tubuh menyebabkan bengkak dan penumpukan nanah pada sendi. Penyebab utamanya harus diobati dengan antibiotik. Selain itu, obat antiradang yang tidak mengandung steroid membantu meredakan gejala radang sendi. Kebanyakan orang sembuh secara total.

Diagnosis Radang Sendi

Jenis-jenis radang sendi ini didiagnosis berdasarkan dari gejala radang sendi atau nyeri sendi yang muncul, berdasarkan riwayat kesehatan penyakit dan juga berdasarkan dari pemeriksaan fisik yang dilakukan. Selain itu, penunjang dari diaganosis yang memang dibutuhkan adalah sinar-x yang biasanya dilakukan selama 6 bulan pertama dan masih belum menunjukkan dari adanya suatu kelainan pada sendi. Dan selain itu juga, di dalam darah biasanya akan ditentukan dari adanya suatu faktor rema atau IgM, kenaikan dari laju endap pada eritrosit serta turunnya kadar hhemoglobin atau penyakit anemia, LED yang mengalami peningkatan, leukosit dengan jumlah yang normal atau juga mengalami peningkatan sedikit, jumlah trombosit yang semakin meningkat. Serta lebih khas lagi adalah dalam melakukan tes endapan mucine di dalam cairan sinovial dan disertai dengan suatu pemeriksaan mikroskopis yang berasal dari nodul dan jaringan pada sinovial yang bisa memperlihatkan suatu kelainan pada jenis tertentu.

Pengobatan yang dilakukan pada jenis-jenis radang sendi diatas adalah bertujuan untuk :

  1. Membantu menghilangkan gejala peradangan yang terjadi yang aktif atau juga yang lokal maupun secara sistemik.
  2. Mencegah dari terjadinya suatu kerusakan dibagian jaringan
  3. Mencegah dari terjadinya masalah deformitas atau juga kelainan dalam bentuk sendi dan membantu menjaga fungsi dari persendian agar masih dalam keadaan yang lebih baik lagi.
  4. Mengembalikan dari kelainan fungsi bagian organ serta persendian yang mengalami penyakit radang sendi agar sebisa mungkin berubah menjadi normal lagi.

Terapi obat yang dilakukan pada jenis-jenis radang sendi yang bisa dilakukan adalah dengan tujuan dalam membantu mengurangi rasa sakit, mengurangi terjadinya peradangan atau inflamasi dan membantu menurunkan resiko yang terjadi akibat suatu kerusakan sendi. Obat radang sendi yang digunakan adalah :

  1. Obat jenis analgetik antiradang atau NSAIDs
    Obat jenis ini adala seperti aspirin, ibuprofen dan diklofenac.
  2. Obat-obatan supresif long-acting atau DMARD
    Obat ini memberikan khasiat sebagai anti radang yang kuat. Selain itu obat ini juga mempunyai daya anti-erosif, artinya adalah bisa membantu menghentikan dan juga membuat proses kerusakan tulang rawan menjadi lebih lamban. Penggunaan untuk jenis obat ini biasanya diawali pada fase yang masih dini.
  3. Glukokortikoid atau kortikosteroid
    Obat obatan ini merupakan salah satu jenis obat anti inflamasi steroid.

Jenis-Jenis Radang Sendi


=====================================

>>> Propolis Melia Nature Untuk Mengobati Radang Sendi dan Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Radang Sendi and tagged , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

One Response to Jenis-Jenis Radang Sendi

  1. muhdi says:

    Minta keterangan mengenai jenis-jenis radang sendi, penyebabnya, penyembuhannya, apa yang dilarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *